Thursday, October 15, 2009

Jangkrik

Jangkrik, familia Gryllidae, adalah serangga yang berkerabat dengan belalang, memiliki tubuh rata dan antena panjang. Jangkrik adalah omnivora, dikenal dengan suaranya yang hanya dihasilkan oleh jangkrik jantan. Suara ini digunakan untuk menarik betina dan menolak jantan lainnya. Suara jangkrik ini semakin keras dengan naiknya suhu sekitar. Ada sekitar 900 spesies jangkrik.


Jangkrik telah dipelihara manusia sejak lama, dan di Asia dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Adu jangkrik adalah sejenis permainan judi. Di Caraguatatuba, Brazil, jangkrik hitam di dalam ruangan dipercaya sebagai tanda datangnya penyakit, jangkrik hijau harapan, dan jangkrik kelabu uang.

Baru-baru ini jengkerik menjadi populer dan mulai di lirik oleh para pelaku bisnis, banyak para pelaku bisnis tertarik pada jengkerik karena jengkerik sekarang mulai memilki nilai ekonomi yang lumayan dari makanan burung hingga bahan dasar kosmetik.

Dulu pengusaha jengkerik menangkap jengkerik langsung di alam mereka mencari jengkerik di dalam belukar dan di sekitar taman kota.

Setelah sekian lama minat masyarakat semakin meninggi, maka permintaan jengkerik terus meningkat, namun jengkerik alam sekarang sulit diperoleh karena polusi, karenanya untuk memenuhi persyaratan sekarang jengkerik mulai di budi daya. Keunggulan dari jengkerik budidaya dibanding jengkerik alam adalah : Jengkerik budidaya memiliki tubuh lebih besar daripada jengkerik alam dan usia panenlebih cepat, dengan keunggulan seperti itu budidaya jengkerik sekarang terus meningkat.

5 comments:

Rizky2009 October 15, 2009 at 4:17 PM  

kalau yg atas, itu jangkrik ndrabang cino, biat kecil tp suaranya kenceng bagt, kalau yg bawah kri, njitheng besar badannya g sesuai dg suaranya, tp klo d adu, lawan pasti keok, kl yg 3 ndebok bosok, lebih baik dr njliteng,klau rumah banyak tikus plihara jangkrik solusinya d jamin si deb bagus (tikus) bakalan pergi d r rumah, g percaya coba aja

narti October 15, 2009 at 5:06 PM  

dah jangkrik mulai dibuat makanan ya....
penasaran rasanya nih...

Hitsuke October 15, 2009 at 5:18 PM  

pernah makan jangkrik ga'..??
 
kunjung balik ya sobat di postingan t-baru q nieh

Membuat Drop Down Accordion Menu 
Cara MengOptimalkan Halaman Label dan Arsip 
Membuat Read More Otomatis Tanpa Js External 

Jangan lupa ngomentnya xeps...!??
 
________________________________________________________________________
Thanks.  
Regard,

Hitsuke and NarutoFans 

Rizky2009 October 15, 2009 at 9:33 PM  

sebenarnya masih aq satu jenis jangrik lagi yg waw, tp aq lupa namanya

Lina Marliana October 27, 2009 at 3:23 PM  

Ohh... baru tau aku klo jangkrik itu omnivora, kirain herbivora..ternyata dia pemakan daging juga yah ??? hmmm...
Di Caraguatatuba Brazil, jangkrik kelabu itu uang yah... Klo di indonesia sih, yg warna hijau itu yg uang...coz orang2 indonesia klo liat uang, pada hijau semua tuh matanya...hehehehe.. :D

cerita anak cerita rakyat Tips for Family
DigNow.net Science Blogs blogarama - the blog directory TopOfBlogs Blog Directory

Link Exchange Here


Untuk tukar link, tambahkan link di atas. Konfirmasi, dan saya akan menambahkan link kalian.

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP